Jumat, 17 Februari 2012

Doa Anak Sholeh


Rasulullah saw bersabda, “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakan untuknya.” (HR. Muslim)

Anak-anak adalah anugerah dari Allah swt yang tentunya sangat berharga bagi orangtuanya. Anak-anak juga merupakan amanah yang dipercayakan Allah SWT kepada orangtua, yang harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar mereka bisa mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Dalam agama Islam diajarkan bahwa ada tiga amalan yang akan terus mengalir pahalanya walau pemiliknya telah tinggalkan dunia fana yaitu ;

1.ilmu yang bermanfaat
2.amal jariyah dan
3.doa anak sholeh

Ini bermakna bahwa orang tua diminta untuk mendidik anaknya agar menjadi anak yang sholeh yang kelak diharapkan akan terus mendoakan orang tuanya. Pesan dari ajaran tersebut adalah pesan tentang pendidikan, pendidikan kepada anak, yang ganjarannya begitu menggiurkan karena pahalanya akan terus mengalir meski kita sudah meninggal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orangtua yang ingin memiliki anak-anak yang sholeh dan sholehah yaitu senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan amalan para nabi dan rasul yang selalu memohon kepada Allah SWT untuk diberikan keturunan yang baik.
Firman Allah SWT, “Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran:38)

Ada sebuah doa yang dikenal dengan nama ‘Doa Anak Sholeh’ dan yang diajarkan oleh hampir semua orang tua muslim kepada anak-anak mereka dengan harapan agar anak-anak mereka mau mendoakan mereka dengan doa ini.

“ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO”

Artinya  : “ Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil ”

 





13 komentar:

  1. semoga aku bisa jadi anak yang sholehah :) aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ya rabb..
      trimakasih mb nay sdh mengunjungi blogku :)

      Hapus
  2. Betapa pentingnya jadi anak yang sholeh itu...
    Semoga aku bisa! Makasih banyak ya, Mbak, atas postingan yang bermanfaat ini.

    BalasHapus
  3. amin..
    sama2 mas ahmad..trimakasih jg sdh mengunjungi blogku :)

    BalasHapus
  4. Semoga diri ini menjadi anak sholeh.. aamiin

    BalasHapus
  5. Izin c0py, ya mbak..

    BalasHapus
  6. beruntung juga ya sob, jika memiliki anak yang soleh...

    BalasHapus
  7. semoga selama ini saya sudah menjadi anak yang sholeh.. aamiin

    BalasHapus
  8. semoga saya bisa menjadi anak sholeh,. aamiin

    BalasHapus